Sigit Hermawan Belajar dari Master, Ahli dan Pakar SEO Terbaik

Blog Optimasi SEO Onpage & Offpage Belajar dari Master, Ahli dan Pakar SEO Terbaik di Indonesia Untuk Mendapatkan SERP Google

Blog Optimasi SEO Onpage & Offpage Belajar dari Master, Ahli dan Pakar SEO Terbaik di Indonesia Untuk Mendapatkan SERP Google

Pengertian Tenaga Kerja (Manpower) Recruitment Manpower indonesia

f:id:sigithermawan:20170828200133p:plain

Pengertian Tenaga Kerja (Manpower) Recruitment Manpower indonesia

Tiap-tiap negara memberi batasan yang tidak sama untuk rumusan tenaga kerja. Umpamanya, Amerika Serikat mengambil keputusan batas minimum umur tenaga kerja 16 th., India mengambil keputusan umur kerja pada 14-60 th.. Menurut Biro Cacah Jiwa, tenaga kerja yaitu kebanyakan orang yang bekerja serta menganggur namun aktif jadi pekerja.

Didalam kajian tentang ketenagakerjaan, ada arti tenaga kerja, angkatan kerja, serta bukanlah angkatan kerja.

Tenaga Kerja = Angkatan Kerja + Bukanlah Angkatan Kerja

Angkatan Kerja


Angkatan kerja yaitu masyarakat yang telah memasukiusia kerja, baik yang telah bekerja, belum juga bekerja, atau tengah mencari pekerjaan. Namun tidak semuanya masyarakat yang masuk umur kerja dimaksud angkatan kerja, sebab masyarakat yg tidak aktif dalam aktivitas ekonomi tidak termasuk juga dalam grup angkatan kerja. Tenaga kerja terdiri atas angkatan kerja serta bukanlah angkatan kerja. Prasyarat untuk seseorang masyarakat bisa dikatakan sebagai angkatan kerja yakni bila masyarakat yang sepanjang satu minggu sebelumnya pencacahan atau sensus sudah memiliki satu pekerjaan, baik bekerja ataupun sesaat tidak bekerja karna satu sebab umpamanya seperti berikut.

  1. Pekerja yg tidak masuk bekerja karna cuti, sakit, mogok, atau dihentikan sesaat. 
  2. Petani yang menanti panen atau musim hujan tiba.

Sedang Grup bukanlah angkatan kerja yaitu seperti berikut.

  1. Anak yang masih tetap sekolah. 
  2. Orang yang mengurusi rumah tangga. 
  3. Beberapa orang cacat, jompo, serta orang yang telah pensiun.

Ke-3 kelompok bukanlah angkatan kerja itu diatas dikatakan sebagai angkatan kerja mungkin (potential labor force), karna kelompok ini setiap saat bisa tawarkan Recruitment Manpower Indonesia  jasanya untuk bekerja.

Angkatan Kerja = Bekerja + Menganggur

Peluang kerja (employment) yaitu jumlah lowongan kerja yang ada didunia kerja, atau banyak lapangan pekerjaan yang ada untuk angkatan kerja. Peluang kerja juga disimpulkan jadi tidak seimbangan pada angkatan kerja dengan lapangan pekerjaan, perihal ini pula yang mengakibatkan terjadinya pengangguran.

Di Indonesia problem peluang kerja ditanggung didalam UUD 1945 pasal 27 ayat 2 yang berbunyi “Tiap-tiap warga negara memiliki hak atas pekerjaan serta penghidupan yang layak”. Jadi pemerintah Indonesia bertanggungjawab atas penciptaan peluang kerja dan perlindungan pada tenaga kerja.

Sekian Artikel Recruitment Indonesia, Recruitment Manpower Indonesia, Indonesia Manning Agent, Manpower Indonesia Review artikel dari Pakar SEO Indonesia Semoga Bermanfaat

Support : Jasa SEO Terbaik Jasa SEO Murah Jasa SEO Copyright (C) 2019 Jasa SEO Indonesia ALL Rights Reserved